Jumat, 12 November 2010

chakra

        Chakra (berasal dari bahasa Sansekerta Cakram चक्रं ([tʃəkrə]), diucapkan [tʃəkrə] dalam bahasa Hindi, Pali: chakka हक्क, Tamil: சக்கரம், Cina: 轮, Tibet:. འཁོར་ལོ་, khorlo) adalah sebuah kata Sansekerta yang menerjemahkan sebagai "roda" atau "balik." [1]

        Chakra adalah sebuah konsep yang mengacu pada vortisitas roda seperti yang, menurut pengobatan tradisional India, yang diyakini ada di permukaan ganda eterik manusia. [2] Chakra dikatakan "pusat kekuatan" atau whorls menyerap energi , dari titik pada tubuh fisik, lapisan tubuh halus dalam formasi berbentuk kipas yang semakin meningkat. Rotating vortisitas materi halus, mereka dianggap titik fokus untuk penerimaan dan transmisi energi [3] sistem yang berbeda-beda menempatkan sejumlah chakra yang bervariasi;. Sistem yang paling terkenal di Barat adalah bahwa dari 7 chakra.

         Hal ini khas untuk chakra untuk digambarkan sebagai bunga-suka atau roda-suka. Pada yang pertama, sejumlah tertentu dari "kelopak" ditampilkan di sekeliling lingkaran. Di kedua, sejumlah jari-jari lingkaran dibagi menjadi segmen-segmen yang membuat chakra menyerupai roda (atau "chakra"). Setiap chakra memiliki sejumlah segmen tertentu atau kelopak.
Teks menggambarkan chakra kembali sejauh Upanishad kemudian, misalnya Yoga Kundalini Upanishad.

       1. jika tubuh kita nyata (bisa disentuh) ,maka Chakra adalah sesuatu di dalam tubuh kita yg tidak terlihat (tidak dapat di sentuh begitu saja) yang bersemayam dan bisa dibangkitkan kapan saja.
       2. Chakra bisa saja dibayangkan seperti aliran darah yang mengalir dalam tubuh kita tetapi bertahap dalam hal pelepasanya sampai tingkat teratas.
       3. jika kita bisa mengubah suatu benda dengan cara memberi sentuhan keras/pelan,.Chakra bisa saja mengubahnya dengan mengalirinya, mengendalikanya, dan menyerap aliranya seperti sebuah siklus.
       4. jika tubuh kita membutuhkan benturan keras untuk meledakkan sesuatu, Chakra hanya perlu dikumpulkan ,dialirkan secara halus, dan memanjang sesuai jangkauan yg diinginkan, aatau bisa saja diledakan dengan sangat cepat.
       5. Raga dan Chakra merupakan contoh kecil dari keseimbangan atau yang disebut Yin dan Yang, yang apabila dikendalikan keduanya dengan benar ,akan menjadi sesuatu yang lebih berbahaya dari senjata,LPG, atau sejenisnya,.....
     Pengendalian chakra berasal dari jiwa/hati yang teguh dan benar-benar teguh. seperti seseorang yang terancam dan hanya punya satu pegangan, satu keyakinan, dan satu harapan,.yaitu tuhannya pasti menolongnya ,.
     dan hati yang teguh berasal dari iman yang teguh dan benar, dan dari ibadah yang khusyuk dan sama sekali lebih memikirkan akhirat dari pada dunia, Karena sesungguhnya Raga adalah gambaran dari pada Dunia , dan Chakra adalah gambaran kecil dari pada akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar